Jumat, 23 Juni 2017

[Resensi Novel] Bumi oleh Tere Liye


Judul: Bumi
Pengarang: Tere Liye
Cetakan keenam: Oktober 2014
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman: 440 hlm

Namaku Raib, usiaku 15 tahun, kelas sepuluh. Aku anak perempuan seperti kalian, adik-adik kalian, tetangga kalian. Aku punya dua kucing, namanya Si Putih dan Si Hitam. Mama dan Papaku menyenangkan. Guru-guru di sekolahku seru. Teman-temanku baik dan kompak. 
Aku sama seperti remaja kebanyakan, kecuali satu hal. Sesuatu yang kusimpan sendiri sejak kecil. Sesuatu yang menakjubkan.
Namaku Raib. Dan aku bisa menghilang.

Selesai baca dua halaman: ceritanya apik, bakalan lanjut, nih.
Selesai baca satu bab: sayangnya bertele-tele banget..
Selesai baca satu buku: duhh, moga buku dua nya lagi gak dipinjem.

Ini adalah buku pertama yang saya pinjam dari perpustakaan di kota saya. Saya agak lama milih judul karena saya punya prinsip: buku yang saya pinjam kudu buku yang ceritanya ringan dan pastinya bagus menurut review sana-sini dan menarik saya pada pandangan pertama. Karena saya kudu nyelesein bukunya dalam waktu 10 hari. Waktu yang sebentar untuk ukuran saya yang gak bisa membaca cepat dan banyak samben hahahaha. Padune males aja XD



Ini juga buku pertama karangan Tere Liye yang saya baca dan saya baru tahu kalo beliau nulis cerita fantasi (wkkwkw ketauan masih cupu di dunia literasi). Ceritanya bagus lagi. Beneran. Idenya sederhana tapi bisa dikemas dengan cantik. Imajinasi pengarang luas banget. Bayangkan bahwa ada sebuah bangsa di ujung bintang nun jauh di galaksi sana yang belum diketahui seperti apa peradabannya. Penasaran gak? Saya sih penasaran.

Yang bikin saya agak sedikit ngebut bacanya karena ceritanya bertele-tele. Saya jadi penasaran keburu pengen tau ceritanya jadi adegan yang gak penting saya cepetin bacanya. Mungkin ada kalimat-kalimat yang ke-skip juga, nih.. Ada beberapa ide yang rasanya kurang orisinil. Ya gpp sih, namanya juga terinspirasi dari mana-mana mungkin ya ;)

Yaudah, buruan baca bagi yang belum baca. Ceritanya bersambung nyampe banyak buku, lho. Siapin list buat minjem (atau beli) lanjutannya. Kayanya bakal saya masukin list belanja buku, deh. Ceritanya bagus, covernya juga bagus. Layak dikoleksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar