Rabu, 11 April 2018

[Resensi Novel Terjemahan] Origin oleh Dan Brown


Origin
Dan Brown

Judul asli: Origin
Pengarang: Dan Brown
Penerjemah: Ingrid Dwijani Nimpoeno, Reinitha Amalia Lasmana, dan Dyah Agustine
Penerbit: Bentang
Cetakan pertama: November 2017
Jumlah halaman: 511 hlm 


Robert Langdon diundang menghadiri acara pengungkapan penemuan Edmond Kirsch, seorang miliader sekaligus ilmuwan komputer, di Museum Guggenheim, Spanyol. Kirsch yang ateis, sesumbar temuannya akan mengubah wajah dunia selamanya. Temuan yang diklaim akan menjawab dua pertanyaan fundamental eksistensi manusia itu digelar secara langsung melalui internet dan disiarkan ke seluruh dunia.
Namun, terjadi kekacauan. Kirsch terbunuh, sementara Langdon malah dituduh terlibat dalam pembunuhan dan menculik tunangan calon raja Spanyol. Langdon harus berkejaran dengan waktu untuk membuktikan bahwa dia tak bersalah, sekaligus mengungkap apa sebenarnya temuan Kirsch yang membuat pria itu harus kehilangan nyawa. Menyusuri koridor-koridor gelap rahasia sejarah dan agama, Langdon harus berpikir cepat untuk mengungkapkan rahasia sekaligus menghindari musuh yang sepertinya tahu segala dan mendapat dukungan dari Istana Kerajaan Spanyol.
Berhasilkah Langdon memecahkan teka-teki temuan Kirsch yang sepertinya menyalakan api konspirasi jahat di seluruh dunia? Tokoh-tokoh agama terbunuh, kaum fanatik menebarkan ancaman, sementara musuh tersembunyi terus bisa menebak langkah mereka. Pada saat sepertinya tak ada jalan keluar, satu sosok misterius membantu Langdon di sepanjang jalan. Siapakah sosok dingin tanpa emosi ini? Akankah dia benar membantu Langdon mengungkapkan temuan Kirsch atau malah menjebak Langdon dalam kelindan konspirasi yang akan menghancurkan kemanusiaan?

 

Pertanyaannya adalah: mana pembatas bukunyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa?

Dan jawabannya adalah: bukunya OK. Lumayan. Maksud saya diantara gencarnya promosi novel ini, saya tidak terlalu takjub setelah membacanya.  Saya masih menyukai petualangan-petualangan Langdon sebelumnya. Cerita di buku Origin ini kurang mengigit. Petualangannya kurang menegangkan. Aksi laganya kurang dahsyat. Plot twistnya kurang mencengangkan. Segala misteri dan teka-tekinya kurang misterius. Sebenarnya lumayan bisa ditebak siapa dalang di balik semua ini; hanya alasannya saja yang saya gak bisa nebak. Alasan kenapa semua kekacauan ini terjadi benar-benar bikin mata saya terbelalak. Wow!

Ilustrasi cover saya gak paham itu gambar apa ^^; Fontnya oke banget.
Banyak kutipan bagus maupun (tentu saja) informasi di buku ini:

H. 25 p. pertama, "... sains dan agama tidak saling bersaing, mereka adalah dua bahasa berbeda yang berupaya menceritakan kisah yang sama. Ada ruang di dunia ini bagi keduanya."

H. 48 p. 9, "... dalam seni modern, mahakarya lebih sering menyangkut gagasan daripada pengerjaan. ..."

H. 477 p. 4, "Mereka yang tidak dapat mengingat masa lalu terkutuk untuk mengulanginya," 

Sebenarnya masih banyak kutipan lainnya yang mengena. Silakan baca novel ini dan hanyutlah dalam petualangan Langdon menguak misteri terbesar di semesta ini.














































Saya lebih puas dan menikmati buku-buku yang saya baca sebelumnya. Maaf ya Mr. Brown..




 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar